RIZA ASFA
CGP ANGKATAN 4 –KAB.LIMA PULUH
KOTA-SUMBAR
SMAN 2 HARAU
1.
Apa yang menarik bagi Anda
setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?
Setelah mempelajari
pengelolaan program yang berdampak pada murid maka saya menambah pengetahuan
saya terhadap sumber daya yang dimiliki oleh sekolah yang dapat digunakan untuk
membuat program yang berdampak pada murid. Selama ini saya tidak menyadari
sumber daya apa yang ada yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran murid. Maka
untuk merancang sebuah program, langkah pertama adalah petakan dulu sumber daya
yang ada. Selain itu, juga menambah pemahaman dan pengetahuan saya dalam menyusun , merancang dan pengelolaan
program supaya program terlaksana dengan baik. Terdapat tahapan-tahapan yang
harus dilalui seperti tahapan BAGJA.
2.
Apa yang mengejutkan yang Anda
temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak
pada murid?
Hal mengejutkan
adalah adanya keterkaitan program yang berdampak pada murid dengan filosofi ki
hadjar dewantara yang menuntun murid supaya hidup sesuai dengan kodratnya, mengeluarkan
pendapat/idenya (suara), kemudian mereka memilih pilihannya(choice) yang
berkaitan dengan filosofi KHD yaitu anak itu terlahir merdeka, dia bebas
melakukan dan mempelajari sesuatu tanpa adanya paksaan. Program dimulai dari
tahapan perencanaan, pelaksanaan,evaluasi, tindak lanjut dan perbaikan. Selain
itu, dapat mengenali lebih lanjut 7 karakteristik lingkungan dalam menumbuh kembangkan
kepemimpinan murid melalui kegiatan intrakokurikuler, ko-kurikuler dan
ekstrakokurikuler.
3.
Apa yang berubah yang akan Anda
lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?
·
Bahwa
pemikiran saya sudah mulai berobah untuk membuat sebuah program yang melibatkan
keaktifan siswa dengan urutan perencanaan dengan menggunakan tahapan BAGJA.
·
Dalam membuat
sebuah program, analisis dan petakan dulu aset atau sumber daya yang dimiliki
yang bias nantinya mendukung terlaksannya program.
4.
Apa yang menantang bagi Anda
untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
Yang menantang bagi saya adalah:
a. Memahami
dengan baik dan penuh konsentrasi materi yang diberikan. Karena selain
materinya butuh pemahaman yang lebih juga butuh waktu karena cukup panjang
paparan yang harus dipahami.
b. menumbuhkan
ide kreatif untuk program yang berdampak pada murid, yang bisa terlaksana
dengan baik dan memberikan suatu manfaat bagi murid serta berkelanjutan.
c. Memangement
waktu supaya terlaksana semua kewajiban dan tugas dengan baik.
5.
Sumber-sumber dukungan yang saya
miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.
§
Komunitas sekolah.
· Kepala sekolah dan rekan –rekan di sekolah
yang mau berdiskusi, mendukung dan memberikan ide-ide briliannya kepada saya.
·
Lingkungan sekolah.
·
Murid dan orang tua murid.
·
Masyarakat sekitar sekolah / lingkungan
sekitar sekolah
§
Komunitas yang lebih luas atau luar sekolah .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar