BERBAGI PRAKTIK BAIK DENGAN
BERKOLABORASI DAN BERTRANSFORMASI MENUMBUHKAN EKOSISTEM DIGITAL
MENUJU MERDEKA BELAJR BERSAMA PORTAL RUMAH BELAJAR DAN PLATFORM MERDEKA
MENGAJAR
Perkembangan Teknologi khususnya Teknologi
Informasi dan Komunikasi saat ini menyebabkan banyak perubahan. Saat ini
dirasakan semakin mudah orang-orang mengirimkan dan mendapatkan segala macam
informasi melalui internet. Hal ini sangat berdampak pada proses pembelajaran
peserta didik di sekolah. Sebagai seorang guru harus mampu menghadirkan
pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Seperti filosofi
Ki HAdjar Dewantara yaitu didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya. Hal ini
adalah tantangan bagi guru-guru untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi
untuk menajdikan suatu pembelajaran yang menyenangkan, menarik minat dan
perhatian peserta didik.
Sehubungan dengan kondisi tersebut, saya sebagi
guru tertantang untuk meningkatkan kompetensi terutama dalam penciptaan
pembelajaran yang menarik minat dan perhatian peserta didik dengan menggunakan
TIK. Salah satu yang saya lakukan adalah mengikuti Pelatihan Berbasis TIK yang
diadakan oleh kemendikbud yaitu pembatik. Pembatik merupakan pelatihan yang
terdiri dari 4 level. Setiap levelnya menyajikan materi-materi yang dibetuhkan
guru dalam pengembangan kemampuan penyajian pembelajaran yang berbasis TIK.
Tahun ini alhamdulillah saya sampai ke level 4 yaitu sebagai SRB(sahabat rumah
belajar) tahun 2022. Tugas untuk level ini bertemakan “berkolaborasi dan
bertransformasi menumbuhkan ekosistem digital menuju merdeka belajar” dengan
berbagi praktik baik menerapkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK
berpusat pada murid.
Untuk tugas kali ini saya membagi menjadi dua
bagian yaitu metode tatap muka dan dunia maya. Saya menerapkan suatu metode
pembelajaran yang saya beri judul dengan praktik baik pembelajaran
berdiferensiasi dan sosial emosional menggunakan portal rumah belajar dan PMM.
1.
Pendahuluan
Pembelajaran yang akan saya laksanakan adalah berdiferensiasi ,
sosial emosional menggunakan portal rumah belajar dan PMM melalui metode
diskusi. Kegiatan pendahuluan saya mulai dengan menyampaikan tujuan
pembelajaran dan menanyakan perasaan dan harapan peserta didik hari itu. Saya
bagikan sebuah kertas sticky note pada masing-masing peserta didik untuk mereka
tuliskan perasaan yang yang mereka rasakan dan harapan mereka untuk
pembelajaran hari ini. Setelah itu mereka menempelkannya di papan tulis. Ini merupakan
suatu pembelajaran yang berbasis emosional.
2. Kegiatan Inti
Masuk
kegiatan inti yaitu menonton video pembelajaran yang diambil dari sumber
belajar portal rumah belajar. Sebelumnya Siswa diberikan per kelompok lembar
kerja yang saya ambil dari platform merdeka mengajar. Setiap kelompok
menyelesaikan soal yang ada dilembar kerja tersebut secara berkelompok dengan
terlebih dahulu memperhatikan video dari portal rumah belajar.
Setiap anggota
kelompok harus memahami hasil diskusi mereka karena Langkah selanjutnya adalah
mempresentasi hasil diskusi dengan cara menggunakan spinwheel.com untuk
menentukan kelompok mana dan siapa yang akan presentasi. Hasil diskusi kelompok
ditulis dalam kertas berwarna semenarik mungkin , yang akan di foto dan
disajikan lewat projector.
3. Penutup.
Guru memberikan
penegasan materi dan peserta didik menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini.
B. BERBAGI PRAKTIK BAIK
I. Kegiatan Tatap
Muka
1.Lingkungan
sekolah.
a.
Dengan rekan-rekan guru
Praktik
baik ini saya sampaikan di lingkungan terdekat saya yaitu kepada rekan-rekan
sejawat saya di sekolah. Selain menyampaikan tentang praktik baik saya dalam
pembelajaran menggunakan rumah belajar, saya juga mensosialisasikan tentang
fitur- fitu yang ada di rumah belajar.
b.
Peserta didik
Kepada peserta didik sasay di
sekolah saya perkenalkan portal rumah belajar dengan menggunakannya dalam
pembelajaran dan mengenalkan fitur-fitur yang ada di Portal rumah belajar yang
bisa mereka gunakan untuk pembelajaran secara mandiri menggunakan dunia maya.
Dalam
pengenalan fitur rumah belajar saya meminta mereka menemukan lokasi sekolah
kami yaitu SMAN 2 Harau yang terletak di wilayah wisata Geopart melalui fitur
wahana jelajah angaksa. Mereak sanagt senang sekali mencari lokasi sekolah
melalui fitur wahana jelajah angkasa dengan melihat planet Bumi.
2. Komunitas
MGMP Matematika SMA Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota.
Dalam pengembangan profesi, guru memiliki komunitas guru mata pelajaran atau MGMP. Ini merupakan salah satu sasaran saya untuk berbagi tentang praktik baik penerapan model pebelajaran yang berpusat pada murid dengan memanfaatkan rumah belajar dan Platform merdeka mengajar. MGMP Matematika SMA kab.Lima Puluh kota yang beranggotakan guru matematika seluruh sekolah yang ada di kabupaten lima puluh kota. Seperti juga dengan peserta didik saya di sekolah, di komunitas MGMP ini saya juga mengulas tentang fitur-fitur yang ada di portal rumah belajar sehingga bisa digunakan oleh rekan-rekan saya sesama guru matematika serta bisa diimbaskan oleh rekan-rekan mgmp matematika ke rekan-rekan di sekolah masing-masing.
II.
Selain berbagi praktik
baik secara tatap muka, saya juga melakukan berbagi praktik baik dan pengenalan
fitur portal rumah belajar melalui media sosial antara lain youtube, Instagram,
facebook , blog,
status WA dan Tiktok.
1. 1. Channel youtube.
Praktik
baik penerapan model pembelajaran inovatif berbasis TIK saya buat bentuk video
yang saya upload ke akun youtube saya riza asfa channel dengan alamat https://youtube.com/c/rizaasfachannel
dengan link videonya berada di https://www.youtube.com/watch?v=t9raUkRHj6A&t=14s
yang saya upload tanggal 23 oktober 2022. Sampai tanggal 30 oktober 2022 jam 19.11 sudah
ditonton sebanyak 123 kali dan disukai 22 orang.
Selain praktik baik yang saya upload di
channel youtube, saya juga membuat video short pengenalan fitur-fitur portal
rumah belajar yang sudah ditonton 34x
dan 64 x.
1. 2. Facebook.
Video praktek baik dan fitu-fitur portal rumah belajar,
saya upload juga di facebook. Tujuannya dengan harapan teman-teman di FB saya bisa melihat video
praktik baik saya.
1. 3. Instagram
Di akun instagram yang bernama rizaasfa, saya mengupload video pengenalan fitur-fitur rumah belajar yang sudah ditotnton 3.118 pada jam 19.27 tanggal 30 oktober 2022.
1. 4. Tiktok.
Di Tiktok
pun saya mencoba berbagai praktik baik lewat video praktik baik yang saya upload
dengan nama akun @rizaasfa. Sampai hari minggu tanggal 30 oktober 2022 jam
19.22 wib sudah ditonton 602 dan video pengenalan fitur rumah belajar 11.2k
serta 5002
1. 5. Blog
Di dalam blog pribadi
pun saya menupload tulisaa tentang praktek baik penerapan pembelajaran inovatif
berbasis TIK dengan alamat blognya https://rizaasfapyk.blogspot.com/. Blog ini sudah mencatat tamu 6422 sejak
blogini dibuat.
Dikompasiana dengan
alamat https://www.kompasiana.com/riza67826/63566ad5de3f2203277cc662/praktik-baik-pembelajaran-berdiferensiasi-dan-sosial-emosional-dalam-pembelajaran-matematika-spltv-fase-e
saya upload juga praktik baik saya dalam
penerapan pembelajaran berbasis TIK yang sudah dilihat 88 rang sampai jam 19.34
tanggal 30 oktober 2022.
1. 6. Status WA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar