Selasa, 19 April 2022

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.1


 Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

 Cara saya nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal saya adalah:

Cara pertama: 

Saya akan menerapkan di lingkungan sekolah saya terlebih dahulu dengan cara memulai dari diri sendiri menerapkan ilmu-ilmu yang saya dapatkan dalam pendidikan guru penggerak, seperti menerapkan budaya positif, bagaimana cara pelaksanaan pembelajaran berdiferensial, Pembelajaran sosial dan emosional dan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

Cara Kedua:

Mensosialisasikan dan mendiskusikan  materi-materi program guru penggerak yang telah   didapatkan melalui komunitas praktisi SMAN 2 Kec.Harau  yang sudah dibentuk dan juga ke semua warga sekolah terutama guru melalui rapat dewan guru SMAN 2 Kec.harau. Setelah disosialisasikan , berusaha untuk mengajak menerapkan materi tersebut.

Cara Ketiga:

Mensosialisasikan materi-materi program guru penggerak melalui tulisan- tulisan di blog atau youtube dan media sosial lainnya.

Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran di sekolah dalam rangka mewujudkan merdeka belajar dengan pembelajaran yang berpihak kepada murid, tentunya suatu waktu kita akan dihadapkan pada situasi dilema untuk mengambil sebuah keputusan yang terbaik dan menguntungkan semua pihak. Adapun langkah-langkah awal yang akan saya lakukan yaitu:

² Memastikan bahwa dalam mengambil sebuah keputusan sudah sesuai dan sejalan dengan visi dan misi yang telah kita susun dan sepakati bersama.

² Melakukan analisa terhadap situasi atau kasus yang saya hadapi disesuaikan dengan paradigma pengambilan keputusan yaitu apakah paradigma individu lawan masyarakat, keadilan lawan kasihan, kebenaran kawan kesetiaan dan jangka panjang lawan jangka pendek.

² Memilih salah satu atau mungkin ketiganya dari tiga prinsip pengambilan keputusan yang ada yaitu apakah berpikir berbasis hasil akhir, berbasis peraturan atau berpikir berbasis rasa peduli.

² Melakukan 9 langkah pengambilan  yaitu:

1. Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini.

2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.

3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

4. Pengujian benar atau salah

5. Pengujian Paradigma Benar lawan Benar.

6. Melakukan Prinsip Resolusi

7. Investigasi Opsi Trilema

8. Buat Keputusan

9. Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan

Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

KApan saya akan mu;ai menerapkan langkah-langkah pengambilan keputusan tidak bisa dipastikan apakah hari ini , atau besok  atau mingu depan atau hari apa. Langkah-langkah pengambilan keputusan itu saya terapkan ketika saya dihadapkan pada situasi dilema etika yang memerlukan pengambilan keputusan terbaik yang menguntungkan semua pihak. Jika hari ini saya mengalami dilema etika maka saya akan menerapkan lanagkah-langkah tersebut. Jika besok saya mengalami dilema etika maka besok saya akn menerapkan langkah-langkah pengambilan keputusan tersebut. Begitu seterusnya.  Harapan saya ketika saya mengalamidihadapkan pada situasi dilema etika saya dapat melakukakan pengambilan keputusan dengan memperhatikan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan dan 9 langkah-langkah pengambilan dan pengujian keputusan.

Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Dalam pengambilan sebuah keputusan tidak bisa dilakukan hanya oleh kita sendiri saja. Butuh masukan-masukan dari berbagai pihak. Dari rekan-rekan yang bisa diajak diskusi dan berbagi sehingga kita bisa mengetahui keputusan yang kita ambil ini tepat atau efektif atau belum. Menurut saya orang-orang yang bisa saya jadikan teman diskusi untuk menentukan apakah langkah-langkah yang saya telah ambil tepat dan efektif adalah  pengajar praktik saya, rekan CGP yang satu sekolah dengan saya, rekan CGP yang dekat dengan sekolah saya, rekan sejawat dalam komunitas praktis yang mempunyai visi yang sama dengan saya,  kepala sekolah , siswa, orang tua murid, komite bahkan juga bisa pengawas sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi praktik baik di SDN 03 Simpang kapuak-Lima Puluh Kota

Jumat, 27 Oktober 2023  Luar biasa semangat guru -guru hebat SDN 03 Simpang Kapuak dalam mengikuti pelatihan pembelajarna berbasis IT. Kami ...