Senin, 18 April 2022

Refleksi Terbimbing Modul 3.1 -Pengambilan Terbimbing

Pemahaman saya terkait materi modul 3.1 dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan ini ibarat buah itu baru sekedar kulitnya, belum sampai daging buah itu sendiri. Karena  materi ini benar-benar baru buat saya dan sangat bermanfaat buat saya. Baru sekedar tahu konsep-konsep dari pengambilan keputusan, belum begitu paham isi dari materi tersebut secara utuh. Yang menarik  dan baru bagi saya dari materi ini adalah bagaimana dan dasar apa yang harus diperhitungkan dalam pengambilan sebuah keputusan melalui 9 langkah itu. Biasanya saya hanya mengambil keputusan menimbang-nimbang saja tanpa ada langkah-langkah baku yang harus dilakukan. Sehingga memberikan dampak  kepada saya yaitu mulai paham apa yang harus saya lakukan sebelum mengambil sebuah keputusan dan pertimbangan-pertimbangan apa saja yang perlu dipertimbangkan sebagai dasar pengambilan keputusan.  Setelah mempelajarinya saya mulai paham apa yang saya lakukan dulu kurang tepat, keputusan perlu diambil dalam kesadaran penuh bukan atas dasar emosi. Dalam pengambilan keputusan juga perlu mempertimbangkan berbagai hal yang akan membantu pemecahan masalah. Keputusan yang dibuat diharapkan mampu diterima menguntungkan  kedua belah pihak nantinya. Menurut saya sanagt penting mempelajari dan diketahui materi ini buat rekan-rekan guru di sekolah sebagai pemimpin pembelajaran. Dalam hubungan dengan individu lain pastinya  selalu dihadapkan dengan berbagai konflik yang mengharuskan kita untuk mengambil sebuah keputusan yang cermat dan tepat. Akhirnya yang bisa saya lakukan untuk membuat perbedaan setelah mempelajari modul ini adalah mencoba menerapkan konsep-konsep pengambilan keputusan tersebut dalam keseharian. Menganalisa keputusan yang akan diambil dengan mencoba menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Berbagi dengan rekan sejawat tentang konsep-konsep pengambilan keputusan sehingga dapat membantu rekan-rekan ketika mengalami situasi yang dilematis. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi praktik baik di SDN 03 Simpang kapuak-Lima Puluh Kota

Jumat, 27 Oktober 2023  Luar biasa semangat guru -guru hebat SDN 03 Simpang Kapuak dalam mengikuti pelatihan pembelajarna berbasis IT. Kami ...