Rabu, 08 Juni 2022

TUGAS 3.3.A.6 REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3.

 RIZA ASFA

CGP ANGKATAN 4 –KAB.LIMA PULUH KOTA-SUMBAR

SMAN 2 HARAU

 https://anyflip.com/kltna/uldb/

 

1.       Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid maka saya menambah pengetahuan saya terhadap sumber daya yang dimiliki oleh sekolah yang dapat digunakan untuk membuat program yang berdampak pada murid. Selama ini saya tidak menyadari sumber daya apa yang ada yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran murid. Maka untuk merancang sebuah program, langkah pertama adalah petakan dulu sumber daya yang ada.  Selain itu,  juga menambah  pemahaman dan pengetahuan saya  dalam menyusun , merancang dan pengelolaan program supaya program terlaksana dengan baik. Terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui seperti tahapan BAGJA.

 

2.       Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Hal mengejutkan adalah adanya keterkaitan program yang berdampak pada murid dengan filosofi ki hadjar dewantara yang menuntun murid supaya hidup sesuai dengan kodratnya, mengeluarkan pendapat/idenya (suara), kemudian mereka memilih pilihannya(choice) yang berkaitan dengan filosofi KHD yaitu anak itu terlahir merdeka, dia bebas melakukan dan mempelajari sesuatu tanpa adanya paksaan. Program dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan,evaluasi, tindak lanjut dan perbaikan. Selain itu, dapat mengenali lebih lanjut 7 karakteristik lingkungan dalam menumbuh kembangkan kepemimpinan murid melalui kegiatan intrakokurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakokurikuler.

 

3.       Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

·       Bahwa pemikiran saya sudah mulai berobah untuk membuat sebuah program yang melibatkan keaktifan siswa dengan urutan perencanaan dengan menggunakan tahapan BAGJA.

·       Dalam membuat sebuah program, analisis dan petakan dulu aset atau sumber daya yang dimiliki yang bias nantinya mendukung terlaksannya program.

 

4.       Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Yang menantang bagi saya adalah:

a.       Memahami dengan baik dan penuh konsentrasi materi yang diberikan. Karena selain materinya butuh pemahaman yang lebih juga butuh waktu karena cukup panjang paparan yang harus dipahami.

b.      menumbuhkan ide kreatif untuk program yang berdampak pada murid, yang bisa terlaksana dengan baik dan memberikan suatu manfaat bagi murid serta berkelanjutan.

c.       Memangement waktu supaya terlaksana semua kewajiban dan tugas dengan baik.

 

5.       Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

§  Komunitas sekolah.

·      Kepala sekolah dan rekan –rekan di sekolah yang mau berdiskusi, mendukung dan memberikan ide-ide briliannya kepada saya.

·       Lingkungan sekolah.

·       Murid dan orang tua murid.

 §  Komunitas sekitar sekolah

·       Masyarakat sekitar sekolah / lingkungan sekitar sekolah

§  Komunitas yang lebih luas atau luar sekolah .

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi praktik baik di SDN 03 Simpang kapuak-Lima Puluh Kota

Jumat, 27 Oktober 2023  Luar biasa semangat guru -guru hebat SDN 03 Simpang Kapuak dalam mengikuti pelatihan pembelajarna berbasis IT. Kami ...